Rabu, 13 Maret 2013

Cerpen: IMPIAN ITU ADA


Oleh: Suci Kusmayanti

Bang kayek biase ye…” sahut seseorang dari daun pintu warnet.
Biase ngutang maksudnye? Adu...h Ton mikir dong, utang lu udah numpuk didaftar utang gue, mau ampe kapan lu begini...” ujar bang Jali, si pemilik warnet langganan Anton.
“Mangkenye bang, minta doanye biar naskah-naskah yang aye ketik di sini bisa diterbitin hehehe... janji deh kalo aye sukses, utangnye bakal dibayar lebih,” berkata Anton dengan nada meyakinkan sembari cengengesan.
Janji aje lu Ton! Sadar Ton, sadar! Jangan mimpi mulu! Gue cuma kasian aje same lu, buang-buang waktu cuma buat ngetik yang kagak jelas! Lagian juga mana tiap ngerental lu ngutang mulu lagi, yang ada tekor gue,” bertambah kesal.
 JEEP!!!
Mendengar kata seperti itu seakan-akan ada anak panah tajam menusuk hati kecil Anton, walau demikian ia masih saja bisa melempar senyum menyeringainya. Hingga kini sudah hampir 3 tahun ia berkarya tapi masih saja belum diterbitkan juga oleh 29 penerbit yang sudah ia coba. Namun, ia masih memiliki semangat yang terus berkobar untuk mengejar impiannya.
***
Setiap malam ia selalu membaca dan mengoreksi naskah yang telah di print out nya dengan tekun dan teliti. Namun, kali ini konsentrasinya buyar saat Emak memanggilnya.
Ton…Anton…” teriak Emak dari arah dapur rumahnya.
Iye mak…kenape?” jawab Anton.
Kalo dipanggil nyamperin nape ton, ni tolongin Emak angkatin kerupuk dari penggorengan, biar cepet kelar ni kerjaan Emak,” perintahnya.
Iye mak bentar…” menjawab sembari menghampiri Emak.
Emak, seorang janda paruh baya berdarah betawi tulen yang hidup bersama anak semata wayangnya, Anton. Usia memang sudah tua namun, semangat untuk terus bekerja selalu ada, mungkin setidaknya itulah sifat teladan Emak yang tertular pada Anton. Semangat pantang menyerah.
Gimane kerjaan di bengkel?” tanya Emak sembari mengaduk-aduk goreng kacangnya.
“Alhamdulillah mak, lancar. Kayek biase...” dengan nada datar.
Kayek biase? Kayak biase kabur ke rentalan maksudnye...?” dengan nada menyinggung. Anton hanya bisa terdiam. Merasa bersalah.
Ton…Ton…mau ampe kapan elu begini?! Bos elu kan udah ngewanti-wanti, kalo elu begini terus nanti bakalan dipecat! Sadar nape, ton?! Kite itu butuh duit buat makan, bukan butuh cerpen atau karya…karya apa tuh namenye…?
Karya tulis mak…!” sambung Anton.
Iye apalah itu artinye,  istighfar, Ton…kalo kite cuma ngandelin pendapatan dari jualan ketoprak Emak aje mane cukup,” sembari menyodorkan mulutnya kehadapan Anton.
Gimana sih mak, bukan dukung anaknye biar optimis malah dibikin pesimis, mangkenye mak doain Anton biar naskah Anton diterima penerbit,” ujar Anton.
Elu kerasukan hantu penulis kali ye, udah dibilangin masih aje begitu, dah ah jadi capek Emak bilanginnye, Emak mau tidur nanti rapihin dagangan ye, ton!” sembari ngeloyor ke kamar.
***
Esok hari, seperti yang telah direncanakannya, Anton pergi menuju warnet untuk online dan mengirim naskahnya kesebuah penerbit. Dan ini adalah penerbit ke-30 yang sudah ia coba sedangkan 29 penerbit sebelumnya telah menolak naskahnya. Setelah itu ia bergegas pergi ke bengkel tempat ia bekerja, karena jika telat pak Tomo, Bosnya akan marah apalagi kemarin ia sempat membolos kerja.
Pagi Bos…” berpura-pura santai, walau hati berdebar.
Masih mau kerja lu di sini? kenapa gak sekalian aja lu berenti kerja, maen bolos seenaknya, emang lu kira cari kerja gampang hah?! Kemana lagi kemaren? Ngerental?” dengan amat gusar. Anton hanya terdiam. Lalu si Bos menyambung kembali.
“Masih ngimpi jadi penulis? Berenti dah lu ngehayal, khayalan lu tuh cuma bikin gue rugi, lagian kalo bukan karena kerja lu yang cekatan trus bagus juga gue gak bakal segan-segan buat mecat lu, pokoknya mulai sekarang kalo lu begitu lagi, langsung gue pecat hari itu juga,” dengan nada mengancam.
Hehehe, sii...p Bos…” sembari nyengir kuda.
Dalam hatinya Anton bergumam “Kasian banget sih Bos, kayeknye dia kagak punye mimpi selama idupnye...pasti die lahir dikalangan keluarge yang miskin mimpi, untung aye dilahirin dari keluarga yang punya mimpi berkecukupan ckckck...”.
***
Satu persatu ia coret nama-nama penerbit yang telah menolak naskahnya, sudah 30 penerbit ia coba dan 30 penerbit pula yang menolak naskahnya, rupanya angka 30 itu mampu mendatangkan rasa pesimis, sebuah peraaan yang tidak pernah ia rasakan. Apalagi saat ia teringat banyaknya orang yang menentang impiannya ini, baik dari Emaknya sendiri maupun teman-teman dekatnya, dan tentunya juga si Bos. Sedikit demi sedikit muncullah niat untuk menghentikan impiannya. Ia terus termenung hingga tak terasa ia pun tertidur di sofa.
Dan disaat tengah malam ia terbangun, awalnya ia berniat berpindah tidur ke dalam kamar. Namun, langkahya terhenti saat ia mendengar suara samar dari arah kamar Emaknya,
dan tak disangka rupanya itu adalah suara Emak yang sedang berdoa dalam tahajjudnya, terlebih betapa kaget Anton saat mendengar doa Emaknya yang ternyata terselip nama dan harapannya, rupanya selama ini Emak mendoakan dirinya.
Mata Anton pun berkaca-kaca, tak disangka seseorang yang selama ini tidak pernah mendukungnya ternyata selalu mendoakannya. Seketika itu pula semangat Anton berkobar kembali. “Terima kasih mak,” gumamnya.
Esok harinya saat Anton berpamitan untuk bekerja, dengan penuh senyum ia berkata pada Emaknya.
Mak jangan bosen doain aye ye mak...” sembari cengengesan.
Nape? Doa biar naskahnye lolos? Jadi bosen Emak dengernye...”
Itu artinya Emak mau doain, makasih ye mak,dengan senyum menyeringai.
Ko malah nyengir? Sinting lu yedah sono pergi kerja,” merasa aneh.
Sesampainya di bengkel, ia merasa heran, tak biasanya ia tidak melihat batang hidung si Bos yang biasanya sudah siap ongkang kaki di depan bengkel. Anton pun mulai mencari tahu, ia pun mengintip sedikit ke dalam ruangan si Bos, dilihatnya seorang pria yang bermuka ramah dengan gaya menenteng sebuah map. Tak lama kemudian orang itupun keluar dan tiba-tiba saja...
BRAAAK...!!
Map yang dibawanya jatuh berantakan tepat di depan Anton. Otomatis, Anton pun membantu mengambilkan map tersebut.
“Trima kasih ya...” ucap orang itu sembari tersenyum ramah.
“Iye same-same pak...” jawab Anton.
Setelah orang itu pergi, si Bos pun langsung ambil posisi dan siap memberikan perintah untuk para karyawannya. Karena penasaran, Anton pun menanyakan perihal orang tadi.
“Bos! Tadi orang nagih utang ye Bos?” tanya Anton.
“Sembarangan lu kalo ngomong, dia itu temen lama gue, ngapain lu pake tanya-tanya udah sana kerja!!” jawab si Bos.
“Iye Bos...” berkata sembari berjalan menuju perkakas kerjanya. Lalu, tak sengaja ia menginjak selembar kertas, ia pun mengambilnya. Rupanya itu adalah selembar kertas cerpen.
“Waw ade cerpen, jangan-jangan ini punye temen si Bos, hmm rupenye temen si Bos suka nulis juge kayek aye,” gumamnya dengan sedikit bangga.     
***
Sepulang kerja, Anton langsung rebahan di ranjangnya, pandangannya menerawang kearah sebuah lemari yang penuh berisi karyanya yang sudah ia jilid sendiri.
“Semue udah dijilid rapi, he...udah kayek novel beneran aje, walaupun fotocopy-an, sayang kagak terbit-terbit...” ujarnya. Lalu sejenak kemudian ia mendapatkan ide cemerlang.
Ahh…kalo penerbit kagek ade yang mau nerbitin, kenapa gak nerbitin sendiri aje?!
Ia pun langsung terbangun dan berlari menuju bengkel menemui si Bos, untuk mengkonfirmasikan idenya kepada si Bos.
***
Tak terasa tibalah saatnya gajian, biasanya setelah mendapat gaji Anton langsung melangkahkan kakinya ketempat rental komputer, tapi kini kebiasaan itu tidak bisa ia lakukan ketika ia teringat bahwa Emaknya lebih membutuhkan uang ini ketimbang dirinya, walaupun di dalam pikirannya ia sudah memiliki banyak ide yang ingin sekali ia ketik, tapi ia harus mengurungkan niatnya itu.
Dua bulan sudah ia memajang karya tulisnya di depan bengkel, kini hatinya amat senang karena tenyata banyak orang yang menyukai karyanya, khusunya para pelanggan bengkel, ya rupanya ide cemerlang yang ia dapat untuk menerbitkan sendiri karyanya, dengan cara menaruh karya jilidannya di depan bengkel membuat pengaruh baik pada dirinya. Setidaknya karya tulisnya tidak terbengkalai dan bisa ia manfaatkan.
***
Tracksh...tracksh...tracksh...suara mesin sepeda motor yang tidak bisa dihidupkan.
“Duh ni motor pake mogok segala lagi,” orang itupun bingung, segera ia langsung mengambil ponsel di sakunya dan menelpon pak Tomo, teman lamanya yang memiliki bengkel.
“Hallo sob! Tolong gue dong, gue kena mogok ni di jalan deket bengkel lu, tolong kirimin karyawan lu dong buat dorong motor gue ke bengkel, bisa gak” ujarnya.
“Oke gampang nanti gue suruh karyawan gue datang kesana,” sahut suara dari sebrang.
“Ton...Anton...tolong lu jemput pak Roni temen gue yang kemaren, katanya motor dia mogok, tolonglah didorongin ke sini,” perintah si Bos. Setelah mendapat suruhan itu, Anton pun langsung bergegas menghampiri teman Bosnya, dengan alamat yang di beri oleh Bosnya.
Sesampainya di sana. Dengan sigap ia dorong motor yang mogok itu menuju bengkel Bosnya, lalu dengan cekatan Anton langsung memeriksakan kondisi motor tersebut. Dan memperbaiki kerusakannya.
Menunggu rupanya membuat pak Roni jenuh juga hingga ia pun mulai mencari-cari sesuatu agar bisa menghilangkan kejenuhannya, dan diambillah sebuah buku bacaan yang terpampang di depan bengkel, ia pun membacanya.
Dan dua jam kemudian, motor pak Roni pun siap untuk dikendarai kembali. Sembari mengelap-elap telapak tangannya yang penuh oli, Anton menghampiri pak Roni.
“Dah beres pak...” ujar Anton.
“Oh ya trimakasih, saya mau tanya yang namanya Anton yang mana ya...?”
“Anton? Kalo kagek saleh nyang namenye anton di sini cuman atu, aye sendiri pak!”
“Oh jadi kamu yang namanya Anton, apa yang buat karya tulis ini juga kamu?” tanya pak Roni sembari menyodorkan naskah jilidan yang ia baca.
“Iye pak, itu naskeh koleksi aye pak...” dengan gaya cengengesan.
“Kenapa kamu gak bilang kalo kamu punya naskah yang bagus kayak begini, udah pernah diterbitin?!” tanya pak Roni, antusias.
“Kalo nyampe kepenerbit sih pernah, tapi kalo diterbitin mah kagek pernah pak, he..! maklumlah mungkin naskah aye masih amatiran, tapi bagus kan pak?!” sembari nyengir kuda.
“Bagus...bagus loh ini, kebetulan saya lagi butuh naskah yang kayak begini,” ujarnya.
“He...! buat apaan emangnye pak?!” merasa bingung.
“Memang kamu tidak tahu ya?! Saya itu tim editing dari Jendela Publishing, jadi maksud saya, naskah kamu saya pinta buat diterbitin, gimana? Semua tergantung kamu...” jelasnya.
“Ha...ape pak? Jadi naskah aye bakal diterbitin? Alhamdulillah...jangan ditanye pak, udeh pasti aye kepingin banget pak...beneran dah, suer...” berkata dengan penuh bahagia.
“Ya udah kalo begitu sebaiknya kamu kirim naskah kamu ke e-mail saya, dan ini simpan juga kartu nama saya, mungkin kamu akan membutuhkannya, juga maaf banget ni saya gak bisa lama-lama jadi saya pergi dulu, nanti kita atur waktu untuk ketemu lagi oke”.
“I...iye pak, iye aye ngerti...” dengan terbata-bata seakan tak percaya dengan yang terjadi.
“Hey sob...! gue pergi dulu nih, thanks yah...” berkata dengan lantang kearah Bos Tomo teman lamanya itu. Bos Tomo membalasnya dengan senyuman.
***
Tanpa mengulur-ulur waktu lagi, Anton langsung berlari menuju rumah untuk menghampiri Emaknya, sampai-sampai ia lupa kalau itu masih dalam jam kerja, dengan langkah yang semakin cepat ia terus berjalan bahkan saking tidak tahannya ingin membagi kebahagiaan pada Emak, dari yang tadinya berjalan kini ia menjadi berlari secepat angin. Ia terus berteriak memanggil Emaknya, padahal Emaknya masih berjarak agak jauh dari jarak Anton saat itu.
 MAK...! MAK...! ANTON BERHASIL MAK...KARYA ANTON BAKAL DITERBITIN...MAK...MAK!!” teriak dari kejauhan. Emaknya hanya bisa kebingungan melihat Anton yang berteriak-teriak dari jauh. Setibanya di hadapan Emaknya, Anton langsung mencium punggung tangan Emaknya yang masih belepotan dengan sambal kacang.
Dan dengan nafas yang masih terengah-engah ia bercerita pada Emaknya.
“Nape sih Ton, ngagetin Emak aje lu...” merasa bingung.
“Hosh...hosh...mak karya anton bakal diterbitin mak, karya Anton mak...makasih ye mak karna Emak slalu doain Anton...” matanya mulai berkaca-kaca.
“Beneran ton? Alhamdulillah...jadi seneng Emak dengernye Ton, akhirnye usaha elu slama ini kagek sie-sie Ton...Alhamdulillah,” Emak pun ikut berbahagia dengan mata yang berkaca-kaca. Lalu ia pun tersadar akan sesuatu.
 “Tunggu, kok elu tahu kalo Emak suka doain elu Ton? Emang Emak pernah bilang?” Emak pun mulai merasa curiga.
 Hehe…kan Anton suka nguping Emak kalo lagi doa…hehe,” berusaha jujur.
Oh jadi slame eni yang Emak sangke bayangan setan itu elu, Ton agak gusar.
“Hehe, peace mak, gak bakal skali-kali lagi dah, tapi maaf ni mak Anton juge denger waktu Emak minte awet mude hehe, Emak ade-ade aje doanye hahaha...” merasa geli.
Ye ni anak mulai ngeyel, awas elu ye, sini mana kuping lu, kiri kanan!” dengan kesal.
 AUW, ampun mak AUUW…ampun…!!” Anton pun mendapat ganjaran dari Emaknya.
***
Setelah karyanya diterbitkan, Anton jadi semakin semangat berkarya, kini orang yang dulu menghinanya sekarang memujinya, terkadang ia suka tersenyum sendiri jika mengingat perjuangannya. Ternyata benar juga dengan apa yang ia katakan, bahwa impian itu ada jika kita mau menghargai keberadaannya. “He...impian itu emang ade ye...!!” gumam Anton.

Depok, 26 Desember 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hai! Apa katamu?